Game merupakan salah satu disiplin ilmu yang berkembang pesat.
Kecerdasan buatan dalam game juga semakin beragam dan semakin canggih.
Kemajuan seperti ini sangat bermanfaat apabila game dibangun dengan
memasukkan unsur pendidikan ke dalamnya. Unsur pendidikan dapat berupa
pendidikan formal seperti halnya mata pelajaran di sekolah, ataupun pendidikan
informal seperti halnya pendidikan sosial berupa bersedekah. Supaya game
terlihat lebih menarik dimasukkan kecerdasan buatan animasi wajah, yang dapat
berekspresi seperti layaknya ekspresi wajah manusia. Animasi wajah dalam game
ini bersifat NonPlayable Character (NPC).
Animasi wajah ini menggunakan metode Finite State Machines (FSM).
Finite State Machines (FSM) merupakan salah satu bidang Artificial Intelligency
(AI) yang bisa diaplikasikan pada game AI. Finite State Machines (FSM) adalah
sebuah metode perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku
atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: state,
event/transition dan action. Perancangan animasi wajah diterapkan pada beberapa
model NonPlayable Character (NPC) dalam game diantaranya untuk wajah
pemain, wajah orang miskin, serta dua wajah musuh.
Game diuji coba dan FSM berjalan dengan baik, hal ini menunjukkan
bahwsa FSM cocok digunakan untuk metode animasi wajah dalam game ini.
Game diuji coba langsung kepada responden dengan menggunakan kuisioner
untuk guru dan siswa, hasil rekapitulasi kuisioner menunjukkan 95% responden
siswa menyatakan bahwa game ini menarik dan menyenangkan dan sebanyak
100% responden guru menyatakan bahwa game ini layak dikembangkan untuk
tujuan pendidikan.
Kecerdasan buatan dalam game juga semakin beragam dan semakin canggih.
Kemajuan seperti ini sangat bermanfaat apabila game dibangun dengan
memasukkan unsur pendidikan ke dalamnya. Unsur pendidikan dapat berupa
pendidikan formal seperti halnya mata pelajaran di sekolah, ataupun pendidikan
informal seperti halnya pendidikan sosial berupa bersedekah. Supaya game
terlihat lebih menarik dimasukkan kecerdasan buatan animasi wajah, yang dapat
berekspresi seperti layaknya ekspresi wajah manusia. Animasi wajah dalam game
ini bersifat NonPlayable Character (NPC).
Animasi wajah ini menggunakan metode Finite State Machines (FSM).
Finite State Machines (FSM) merupakan salah satu bidang Artificial Intelligency
(AI) yang bisa diaplikasikan pada game AI. Finite State Machines (FSM) adalah
sebuah metode perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku
atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: state,
event/transition dan action. Perancangan animasi wajah diterapkan pada beberapa
model NonPlayable Character (NPC) dalam game diantaranya untuk wajah
pemain, wajah orang miskin, serta dua wajah musuh.
Game diuji coba dan FSM berjalan dengan baik, hal ini menunjukkan
bahwsa FSM cocok digunakan untuk metode animasi wajah dalam game ini.
Game diuji coba langsung kepada responden dengan menggunakan kuisioner
untuk guru dan siswa, hasil rekapitulasi kuisioner menunjukkan 95% responden
siswa menyatakan bahwa game ini menarik dan menyenangkan dan sebanyak
100% responden guru menyatakan bahwa game ini layak dikembangkan untuk
tujuan pendidikan.
No comments:
Post a Comment